Selasa, 07 Mei 2013

SINOPSIS WISANGGENI LAHIR


DHALANG : Robi Jaya Nugroho
SANGGAR NIRMALA SARI - JAKARTA SELATAN

Atas desakan Bethari Durga, Raja Dewa di Suralaya, yaitu Sang Hyang Bathara Guru, bermaksud menikahkan Dewa Srani dengan Dewi Dursanala, putra Sang Hyang Brama. Namun rencana itu ditentang oleh Bethara Narada, karena Dewi Dursanala sudah menikah dan sedang mengandung jabang bayi dari Raden Arjuna. Karena tidak setuju dengan rencana itu, maka Bathara Narada diusir.
 
Ketika Dewi Dursanala menolak rayuan Dewa Srani, membuat Bethari Durga menjadi marah. Kemudian Dewi Dursanala disiksa dan dihajarnya. 

Dalam meraung-raung kesakitan karena siksaan itu, akhirnya Dewi Dursanala melahirkan bayi laki-laki, kemudian bayi itu dimasukkan ke Kawah Candradimuka oleh Bethari Durga.
 
Namun bayi itu mendapat pertolongan dari Ki Lurah Semar, yang kemudian diberi nama Raden Wisanggeni. Raden Wisanggeni kemudian menanyakan kepada Semar tentang siapa ayah dan ibunya. Oleh Ki Lurah Semar dianjurkan untuk menanyakan kepada para Dewa.
Para Dewa yang tidak bisa menjawab akhirnya dihajar oleh Wisanggeni, namun akhirnya Raden Wisanggeni dapat bertemu dengan kedua orangtuanya.

TANCEP KAYON

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

> Hanya menerima komentar yang berhubungan dengan artikel, atau berupa kritik dan saran yang berhubungan dengan Blog ini.
> Komentar SARA, SPAM, Berbau Iklan atau Promosi, Link atau Anonim tidak diizinkan.
> Setiap komentar yang masuk akan kami approve kecuali komentar yang menyalahi aturan.
> Terima kasih telah berkunjung di Blog sederhana ini. Salam sukses selalu..!!!