Rabu, 08 Mei 2013

SINOPSIS LAHIRNYA HANOMAN



DHALANG : muhamad surya suleman
SANGGAR NIRMALA SARI - JAKARTA SELATAN



Resi Gutama yang berada Pertapaan Grestina di Gunung Tunon, mempunyai seorang putri dan dua orang putra yaitu Dewi Anjani, Guwarsa dan Guwarsi.


Pada suatu hari mereka berebut sebuah mainan yang berupa Cupu Manik Astagina. Cupu kemudian diminta oleh Resi Gutama dan dilemparkan jauh-jauh, lalu ketiga anaknya berusaha untuk mengejarnya, namun Cupu berubah menjadi telaga yang bernama Telaga Sumala.


Ketika Guwarsa dan Guwarsi menceburkan diri kedalam telaga, maka berubahlah wujudnya menjadi kera. Begitu pula Dewi Anjani wajahnya berubah menjadi kera setelah membasuh mukanya. Mereka sadar dan meratapi nasibnya.


Bathara Narada segera turun dari Kahyangan untuk menjumpainya dan menyarankan untuk pergi bertapa.

Dewi Anjani disarankan untuk bertapa membuka mulut dan dipesan tidak boleh makan dan minum kecuali bila ada yang jatuh dipangkuannya.


Setelah beberapa hari lamanya, ternyata ada daun asam yang jatuh dipangkuannya, Dewi Anjani pun memakannya. Seketika itu  Dewi Anjani menjadi hamil. Atas pertolongan Dewa Bayu, Dewi Anjani lalu melahirkan anak laki-laki, namun berwujud seekor monyet berbulu putih. Kemudian oleh Bathara Bayu, bayi itu diberi nama Hanoman.



TANCEP KAYON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

> Hanya menerima komentar yang berhubungan dengan artikel, atau berupa kritik dan saran yang berhubungan dengan Blog ini.
> Komentar SARA, SPAM, Berbau Iklan atau Promosi, Link atau Anonim tidak diizinkan.
> Setiap komentar yang masuk akan kami approve kecuali komentar yang menyalahi aturan.
> Untuk CP dapat menghubungi Ki Asman Budi Prayitno di 021 754 7686 atau 0815 1117 1144
> Terima kasih telah berkunjung di Blog sederhana ini. Salam sukses selalu..!!!