Jumat, 07 Juni 2013

SINOPSIS DEWA AMRAL

Dhalang : Ki Danan Wisnu Pratama
Sanggar Nirmala Sari


Dewi Kunthi yang menerima kedatangan putranya, yaitu Prabu Puntadewa, sangat bersedih hati, setelah mengetahui bahwa Raden Werkudara, Raden Harjuna beserta Raden Nakula dan Raden Sadewa ditarik ke Kahyangan Suralaya oleh para Dewa untuk dimasukkan kedalam Kawah Candradimuka.
Dewi Kunthi sangat menyesalkan perbuatan Prabu Puntadewa yang membiarkan adik-adiknya dibawa Para Dewa, lalu memarahinya dengan kecaman yang sangat pedas.
Prabu Puntadewa menyadari atas kesalahannya, kepalanya menjadi sangat pusing. Ketika tangannya mencoba memegang kepalanya, dengan tak sengaja, tangannya menyentuh Pustaka Jamus Kalimasada. Seketika itu berubahlah wujud Prabu Puntadewa menjadi Raksasa Besar Setinggi Gunung dan sangat menyeramkan, dengan nama Dewa Amral. Kemudian Dewa Amral menuju Kahyangan Suralaya hendak mengambil kembali adik-adiknya.

Dewa Amral sangat murka. Seisi Kahyangan dibuat porak poranda. Semua Dewa merasa panik dan lari tunggang langgang.
Bathara Narada yang mengetahui kejadian itu, berusaha untuk mengatasinya dan bertemu dengan Bala Srewu. Bala Srewu bersedia untuk menolongnya, asalkan diberi hadiah sebuah Kendaga yang berisi 4 (empat) orang Pandhawa. Atas saran Bathara Narada akhirnya Bathara Yamadipati memberikan Kendaga itu kepada Bala Srewu dan langsung ditelannya.
Balasrewu mencari Dewa Amral. Setelah keduanya bertemu maka peperanganpun tidak bisa dihindarkan. Kedua-duanya sangat sakti, sehingga peperangan berlangsung sangat lama. Ketika kepala Bala Srewu dibenturkan ke tanah, Kendaga lalu keluar dari mulutnya, akhirnya pecah dan munculah Raden Werkudara, Raden Harjuna, Raden Nakula dan Raden Sadewa.
Peperangan yang dahsyat itu sangat menggemparkan dunia. Setelah tak berujung dengan kemenangan dan kekalahan, akhirnya Dewa Amral babar menjadi Prabu Puntadewa dan Bala Srewu babar menjadi Prabu Sri Bathara Kresna.
TANCEP KAYON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

> Hanya menerima komentar yang berhubungan dengan artikel, atau berupa kritik dan saran yang berhubungan dengan Blog ini.
> Komentar SARA, SPAM, Berbau Iklan atau Promosi, Link atau Anonim tidak diizinkan.
> Setiap komentar yang masuk akan kami approve kecuali komentar yang menyalahi aturan.
> Untuk CP dapat menghubungi Ki Asman Budi Prayitno di 021 754 7686 atau 0815 1117 1144
> Terima kasih telah berkunjung di Blog sederhana ini. Salam sukses selalu..!!!